PEMKAB SIAK SUKSES LUAR BIASA 

Tour De Siak Resmi Masuk Kalender Internasional

Di Baca : 4160 Kali
Bupati Kabupaten Siak Riau Drs Syamsuar MSi melepas peserta Tour De Siak (TDSi) 2018 Senin (17/9/2018). Tour De Siak berhasil masuk Kalender Event Internasional UCI. (Adifa/Detak Indonesia.co.id)

Laporan : Adifa

Siak Sri Indrapura, Detak Indonesia--Pemerintah Kabupaten Siak Riau sukses luar biasa! Benar-benar serius meningkatkan sektor pariwisata, terobosan pariwisata daerah.

Dengan keuletannya itu, Pemkab Siak kembali mendulang sukses dalam menaja event Tour De Siak (TDSi) 2018. Kenapa tidak, perjuangan Pemerintah Kabupaten Siak dalam pagelaran Core Event Pariwisata olahraga sepeda ini yang berskala International terjawab sudah keberhasilannya.

Dalam sejarahnya, sejak event Tour de Siak mulai diselenggarakan pada 2013, di event Tour de Siak yang sudah memasuki  keenam kalinya, event Tour de Siak 2018 Kabupaten Siak secara resmi masuk dalam Kalender Event UCI yang mana, UCI merupakan salah satu lembaga yang mengkoordinasikan Perlombaan Balap Sepeda, baik secara Nasional maupun Internasional.

Bupati Siak Drs H Syamsuar MSi melalui Wakil Bupati Siak Drs H Alfedri MSi didampingi Kadis Pariwisata Siak Fauzi Asni menegaskan, event Tour de Siak 2018 ini merupakan yang keenam kalinya dihelat, di mana event Tour de Siak 2018 ini lahir 2013 lalu.

Gubernur Riau Ir H Arsyadjuliandi Rachman membuka resmi Tour De Siak 2018

Pada tahun 2018 ini secara resmi, event Tour de Siak 2018 Kabupaten Siak resmi menjadi event berskala Internasional dan sudah masuk Kalender UCI, yang artinya para pembalap sepeda yang mengikuti event Tour de Siak 2018 Kabupaten Siak dan meraih kemenangan bisa, para pembalap bisa mendapatkan POIN.

"Bisa kami sampaikan, ini merupakan salah satu awal dari jawaban keberhasilan Pemerintah kita dalam event Tour de Siak ini, yang mana event Tour de Siak Kabupaten Siak sudah sama dengan Tour de Singkarak, yang sama-sama masuk menjadi event Internasional yang masuk di Kalender UCI," kata Alfedri bangga dan bersyukur.

"Harapan kita melalui event  Tour de Siak 2018 ini yang berskala Internasional, bisa menjadi alat promosi kita untuk mengenalkan Pariwisata Daerah yang ada di Kabupaten Siak, baik secara Nasional maupun Internasional. Tujuan utama Pemerintah tentunya meningkatkan kunjungan wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara datang di Kabupaten Siak," tambah Alfedri.

Pada tahun 2018 ini, Tour de Siak mempu menjadi magnet tersendiri dari Tim Asing yang ingin berlaga di event Tour de Siak Kabupaten Siak, sesuai data yang masuk, sebanyak 19 tim yang ingin berkompetisi di event Tour de Siak 2018, setelah Dinas Pariwisata Siak melakukan evaluasi, Tim Asing  yang ikut menjadi 9 Tim, sedangkan untuk Tim Dalam Negeri sebanyak 5 Tim. 

Bupati Siak Drs H Syamsuar MSi memberikan sambutan

Kadispar Siak Fauzi Asni menambahkan, saat pendaftaran Tour de Siak 2018 telah dibuka, Tim Asing yang masuk ada 19 Tim, kemudian dilakukan evaluasi menjadi 9 Tim sedangkan Tim Dalam Negeri ada 5 tim, secara total keseluruhan, tim yang akan berlaga di event Tour de Siak 2018 ini sebanyak 14 tim dengan empat Etape.

Etape satu Siak Dayun sebanyak tiga lap dengan jarak tempuh 154,12 kilometer. Etape kedua, Siak Sungai Apit dengan jarak tempuh 115,41 kilometer. Etape ketiga Siak Dayun Km 11, rutenya keliling, untuk jalan yang dilintasi Siak, Dayun, Koto Gasib dan finish di Siak sebanyak dua lap dengan jarak 161,48 kilometer. Untuk Etape keempat, City Race Kota Siak sepanjang 92,1 kilometer sebanyak enam Lap.

Untuk Indonesia, Tour de Siak 2018 Kabupaten Siak Riau bisa dikatakan setara dengan Tour de Singkarak. untuk jadwal sudah ditentukan langsung oleh UCI, karena kegiatan Tour de Siak 2018 sudah menjadi kewenangan dari pihak UCI. Para pembalap harus mengikuti peraturan yang diterbitkan oleh Pengurus PB ISSI, dimana peraturan tersebut sangat ketat, terutama bagi para pembalap serta tata tertib aturan yang diberlakukan di Tour de Siak 2018.

Tidak sampai disitu saja, bertempat di Anjungan Seni Siak Bermadah tepatnya di depat Istana Siak, Pembukaan Tour de Siak 2018 secara resmi akan dibuka langsung oleh Gubernur Riau Ir H Arsyad Djuliandi Rachman MBA, serta dihadiri seluruh Forkopimda, pimpinan OPD Kabupaten Siak serta para Tokoh Masyarakat, Organasasi Masyarakat Kabupaten Siak dan masyarakat.

"Harapan kami kepada seluruh rekan media yang hadir, bisa mempromosikan event Tour de Siak 2018 lebih gencar lagi, agar bisa lebih dikenal lagi oleh masyarakat luas, baik secara Nasional maupun Internasional," tutupnya. (*/di)






[Ikuti Terus Detakindonesia.co.id Melalui Sosial Media]






Berita Lainnya...

Tulis Komentar